Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII (8)

PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM - Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII, Sejarah Suppa Tanah Dewatae, PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM - Sejarah Kerajaan Letta dan Tondo Bunga, Kerajaan Batulappa dalam Lintas Sejarah, Kerajaan Sawitto dalam Lintas Sejarah, Sejarah Berdirinya Kabupaten Pinrang, Idwar Anwar, Asal mula nama Pinrang, Awal Mula Berdirinya Kabupaten Pinrang, Kerajaan Sawitto, Istana Kerajaan Sawitto, PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM - Jejak Ulama Pinrang Diawal Abad XX, Gurutta Abdul Latif - Kiprah Ulama Pinrang Awal Abad XX, Sejarah Berdirinya Kabupaten Pinrang, Idwar Anwar, Asal mula nama Pinrang, Awal Mula Berdirinya Kabupaten Pinrang, Kerajaan Sawitto, Idwar Anwar Ilustrasi
Ilustrasi
PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM
 - Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII (8).

PADA saat Raja Gowa ke XIV I Mangngerangi Daeng Manra’bia Sultan Alauddin masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, maka Arung (raja) Alitta ke III La Massora juga mengucapkan dua kalimat syahadat karena pada saat itu Arung (raja) Alitta ke III La Massora sementara berada di Gowa di istana raja Gowa. Hal tersebut tercatat dalam Lontarak Akkarungeng Alitta sebagai berikut: 

Iyanaé Puwatta Soraé riyalai ri Karaéngngé ri Gowa ri baiccu’na, riwettu engkanna Karaéngngé parolai Suppa, Sawitto, Alitta. Aga nakuwa ri Karaéngngé mpekke’ Puwatta Soraé, kuwatoni ri Gowa namassahada riyasellengengngé riwettu massahada’na Karaéngngé ri Gowa mula selleng. (Lontarak Alitta: 13). 

Artinya: Inilah Puwatta Soraé diambil oleh Karaéng Gowa pada masa kecilnya, pada saat datangnya Karaéng menaklukkan Suppa, Sawitto dan Alitta. Karaénglah yang membesarkan Puwatta Soraé, di Gowalah ia [La Massora] bersyahadat masuk Islam pada saat bersyahadatnya Karéng ri Gowa yang mula Islam. 

Dengan merujuk kepada sumber sebelumnya bahwa raja Gowa yang mula masuk Islam adalah Raja Gowa ke XIV I Mangngerangi Daeng Manra’bia yang digelar Sultan Alauddin pada malam Jumat 22 September 1603 M. maka pada tahun tersebut juga, salah seorang raja dari Ajatappareng yakni Arung Alitta ke III La Massora masuk Islam. 

Setelah Arung (raja) Alitta La Massora menerima Islam bersama Sombayya (raja) Gowa I Mangngerangi Daeng Manra’bia Sultan Alauddin di Gowa pada tahun tahun 1603 M., maka Sultan Alauddin mengutus Datuk ri Bandang untuk menyebarkan di Ajatappareng, sebagaimana yang tercatat dalam Lontarak Akkarungeng Alitta berikut: 

dé’ nafada Suppa sibawa Sawitto makkedaé\ kowi ri Sidénréng lao Fuwatta Matinroé ri Mala\ iyyanaritu Fuwatta Datu Bissué riyasengngé Wé Passullé Daéng Bulaéng\ Datué ri Suppa Addatuwatto ri Sawitto\ tarimai sahada’é\ natamangi selleng Suppa sibawa Sawitto ri Dato’ ri Bandang\ afa’ kowi ri Sidénréng taro tudang Dato’ ri Bandang risuro ri Karaéngngé lao patamai sahada Ajatappareng\ (Lontarak Alitta: 7). 

Artinya: berbeda dengan Suppa dan Sawitto bahwa: di Sidénréng pergi Fuatta Matinroé ri Mala yakni Fuatta Datu Bissué bernama Wé Passullé Daéng Bulaéng Datu (raja) di Suppa dan Addatuwang (raja) di Sawitto menerima syahadat, mengislamkan Suppa dan Sawitto pada Datuk ri Bandang. Sebab, di Sidénréng bertemat tinggal Datuk ri Bandang atas perintah Karaéng (Gowa) untuk mengislamkan Ajatappareng. 

Keterangan dari Lontara’ Sidenreng tersebut diperkuat oleh Lontarak Akkarungeng Sawitto sebagai berikut: 

Iya mula-mulaé mappaselleng ri Tana Ogi iyanaritu ritella’é Dato’ ri Bandang\ polé ri tana marajaé\ Naiyya nafaselleng riolo Mangkasa’é\ inappa narapiki mai Tana Ogi\ (Lontara’ Akkarungeng Sawitto: 3). 

Artinya: Adapun yang mula-mula mengislamkan Tana Ogi (Tanah Bugis) yaitu orang yang bernama Datuk ri Bandang dari Tana Marajaé. Ia mengislamkan Makassar terlebih dahulu, kemudian sampai di Tanah Bugis. 

Sebelumnya... Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII (7) - Arung Pinrang (arungsejarah.com)

Sumber: Ahmad Yani, Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII, dimuat di PUSAKA (Jurnal Khazanah Keagamaan) Vol. 8, No. 2, November 2020, hlmn.  191-210. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

****

(Lontarak Akkarungeng Sawitto. (no date). 

Andaya, Y. L. (2004) The Heritage of Arung Palakka: A History of South Sulawesi (Celebes) in yhe Seventeenth Century, terj. Nurhadi Simorok: Warisan Arung Palakka: Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke-17. Makassar: Ininnawa. 

Anonim, Lontarak Alitta. (no date). 

Anonim, Lontarak Sukkuna Wajo. (no date). 

Bathuthah, M. bin A. R. I. B. fi G. Al-A. and Al-Asfaar., wa ‘A’jaim (2012) Muhammad Muchson & Khalifurrahan, Rihlah Ibnu Bathuthah Momoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan. Jakarta: Al Kautsar. 

Dkk., K. (1985) Pengkajian Transliterasi dan Terjemahan Lontarak Bilang Raja Gowa-Tallok (Naskah Makassar). Makassar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Selatan La Galigo, 19985/1986. 

Fahimah Ilyas, H. (2011) Lontaraq Suqkuna Wajo; Telaah Ulang Awal Islamisasi di Wajo. Tangerang Selatan: LSIP . 

Latif, A. (2014) Para Penguasa Ajattappareng Suatu Refleksi Politik Orang Bugis. Yogyakarta: Ombak. 

Lontarak Rol 02 No. 02. (no date). Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. 

Pelras, C. (2006) The Bugis. Manusia Bugis. : terj. Abdul Rahman Abu dkk.,. Jakarta-Paris: Nalar bekerjasama dengan Forum. 

Rahim, H. A. R. (2011) Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis. Yogyakarta: OMBAK. 

Saprillah. (2014) Pengabdian Tanpa Batas: Biografi Anregurutta Haji Abdul Malik Muhammad. Makassar: Zahadaniva Publishing. 

Sewang, A. M. (2005) Islamisasi Kerajaan Gowa: Abad XVI Sampai Abad XVII. Jakarta.: Yayasan Obor. Tim Penyusun. (no date) 

Citra Pare-Pare Dalam Arsip. Makassar. 2014: : Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. 2014. 

Wardiah, H. (2017) ‘Peran Orang Arab Dalam Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Maros’, Pusaka, 8. 

Wardiah, H. (2019) ‘Genelogi Intelektual Ulama Awal Abad XX di Kabupaten Bulukumba dan Bantaeng Sulawesi Selatan’, SMaRT, 5. 

Yani, A. (2014) ‘Pertemuan Sawerigading dengan Nabi Muhammad’, Shautul Adab. 

Yunus, A. R. (2015) “Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya dan Kearifan Lokal (Konteks Budaya Bugis)”. Rihlah.