Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII (10)

PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM - Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII, Sejarah Suppa Tanah Dewatae, PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM - Sejarah Kerajaan Letta dan Tondo Bunga, Kerajaan Batulappa dalam Lintas Sejarah, Kerajaan Sawitto dalam Lintas Sejarah, Sejarah Berdirinya Kabupaten Pinrang, Idwar Anwar, Asal mula nama Pinrang, Awal Mula Berdirinya Kabupaten Pinrang, Kerajaan Sawitto, Istana Kerajaan Sawitto, PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM - Jejak Ulama Pinrang Diawal Abad XX, Gurutta Abdul Latif - Kiprah Ulama Pinrang Awal Abad XX, Sejarah Berdirinya Kabupaten Pinrang, Idwar Anwar, Asal mula nama Pinrang, Awal Mula Berdirinya Kabupaten Pinrang, Kerajaan Sawitto, Idwar Anwar Ilustrasi Ilustrasi Ilustrasi
Ilustrasi
PINRANG.ARUNGSEJARAH.COM
 - Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII (10).

BERANGKAT dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa Addatuang (raja) Sidenreng La Patiroi dan Arung Rappeng La Pakollongi menerima Islam pada tahun 1607 M. Sedangkan kerajaan Sawitto dan kedatuan Suppa yang keduanya diperintah oleh seorang perempuan bernama Wé Passullé Daéng Bulaéng Datu Bissué menerima Islam bersamaan dengan Addatuang Sidenreng La Patiroi. Peristiwa tersebut terekam dalam Lontarak Akkarungeng Sawitto dan Lontarak Alitta sebagai berikut: 

Passaleng makkeda to pappasenna tomatoa riyoloé ri Sawitto\ rékko toddo’ko addatuang ri Sawitto tanniya wélarenna Matinroé ri Malaé\ salai itu toddo’mu\ mau nasipolo mua tau sipolo aju\ naiya muakka paddaungngi raung kajunna to Sawittoé\ palorongngi wélarenna\ paitaiwi décéng tanana\ na wélarenna mua Matinroé ri Mala\ toddo’ni sa arung\ na mau ri saliweng mulolongeng\ maka padécéngiéngngi tanana neniya pasawéi ritu taunna\ enrengngé pabarui olokkolo’na\ nawijana mua Matinroé ri Malaé\ tujunitu aralamu\ yafa’ iyana appatujuna Fetta Matinroé ri Malaé\ ri Sidénrénni laowang addatuang Sidénréng riyolona dato\ iyya mula-mulaé mappaselleng ri Tana Ogi iyanaritu ritella’é Dato ri Bandang\ polé ri tana marajaé\ naiyya napaselleng riolo Mangkasa’é\ inappa narapi’ki mai Tana Ogi\ na Fetta Matinroé ri Malaé addatuang ri Sawitto\ napoléro mai asellengengngé\ nabawa karaengngé ri Gowa sibawa Dato\ aga na aléna Fetta Matinroé ri Mala tamaéngngi sahada ri laleng asenna to Sawittoé riyolona dato sibawa Karaéngngé ri Gowa\. ((Lontarak Akkarungeng Sawitto., no date, p. 3).

Artinya: Pasal tentang wasiat orang orang tua dahulu di Sawitto. Jika kalian memilih Addatuang ri Sawitto dan bukan dari turunan Matinroé ri Malaé, maka salah pilihanmu. Meskipun sepotong manusia sepotong kayu tetapi mampu menumbuhkan daun kayunya orang Sawitto, menyuburkan tangkainya, membawa kebaikan bagi negerinya dan masih turunan Matinroé ri Mala maka angkatlah ia jadi raja meskipun ia berada diluar (negeri) maka engkau harus menemukannya. Ia mampu membawa kebaikan bagi negerinya dan memperbanyak penduduk negeri, serta mengembang biakkan ternak dan masih turunan Matinroé ri Malaé benarlah pilihanmu. Sebab Petta Matinroé ri Malaé inilah yang pergi bersama Addatuang Sidenreng dihadapan Dato (ri Bandang) orang yang pertama kali mengislamkan Tanah Bugis bernama Dato ri Bandang dari Tanah Marajaé. Ia mengislamkan terlebih dahulu orang-orang Makassar kemudian mengislamkan Tanah Bugis. Pada saat itu Petta Matinroé ri Mala yang menjabat sebagai Addatuang ri Sawitto ketika terjadi islamisasi yang dibawa oleh Karaengnge ri Gowa bersama Dato. Beliaulah Petta Matinroé ri Mala yang bersyahadat atas nama masyarakat Sawitto dihadapan Dato (ri Bandang) dan Karengnge ri Gowa. 

Dalam Lontara’ Alitta, juga diperoleh keterangan sebagai berikut: 

Kowi ri Sidénréng lao Puwatta Matinroé ri Mala, iyanaritu Puwatta Datu Bissué riyasengngé Wé Passullé Daéng Bulaéng Datué ri Suppa Addatuwang toi ri Sawitto tarimai sahada’é natamangi selleng Suppa sibawa Sawitto ri Dato’ ri Bandang afa’ kowi ri Sidénréng taro tudang Dato’ ri Bandang risurona ri Karaéngngé lao patamangi sahada’ Ajatappareng. (Anonim, Lontarak Alitta., no date, p. 7) 

Artinya: Di Sidenreng inilah pergi Puwatta Matinroé ri Mala (yang meninggal di Mala) yaitu Puwatta Datu Bissué bernama Wé Passullé Daéng Bulaéng Datu di Suppa Addatuang pula di Sawitto menerima sahadat memasukkan Islam Suppa dengan Sawitto pada Datuk ri Bandang, sebab di Sidenreng berkedudukan Datuk ri Bandang diutus oleh Karaéngngé memasukkan sahadat Ajatappareng. 

Sebelumnya... Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII (9) - Arung Pinrang (arungsejarah.com)

Sumber: Ahmad Yani, Islamisasi di Ajatappareng Abad XVI-XVII, dimuat di PUSAKA (Jurnal Khazanah Keagamaan) Vol. 8, No. 2, November 2020, hlmn.  191-210. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

****

(Lontarak Akkarungeng Sawitto. (no date). 

Andaya, Y. L. (2004) The Heritage of Arung Palakka: A History of South Sulawesi (Celebes) in yhe Seventeenth Century, terj. Nurhadi Simorok: Warisan Arung Palakka: Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke-17. Makassar: Ininnawa. 

Anonim, Lontarak Alitta. (no date). 

Anonim, Lontarak Sukkuna Wajo. (no date). 

Bathuthah, M. bin A. R. I. B. fi G. Al-A. and Al-Asfaar., wa ‘A’jaim (2012) Muhammad Muchson & Khalifurrahan, Rihlah Ibnu Bathuthah Momoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan. Jakarta: Al Kautsar. 

Dkk., K. (1985) Pengkajian Transliterasi dan Terjemahan Lontarak Bilang Raja Gowa-Tallok (Naskah Makassar). Makassar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Selatan La Galigo, 19985/1986. 

Fahimah Ilyas, H. (2011) Lontaraq Suqkuna Wajo; Telaah Ulang Awal Islamisasi di Wajo. Tangerang Selatan: LSIP . 

Latif, A. (2014) Para Penguasa Ajattappareng Suatu Refleksi Politik Orang Bugis. Yogyakarta: Ombak. 

Lontarak Rol 02 No. 02. (no date). Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. 

Pelras, C. (2006) The Bugis. Manusia Bugis. : terj. Abdul Rahman Abu dkk.,. Jakarta-Paris: Nalar bekerjasama dengan Forum. 

Rahim, H. A. R. (2011) Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis. Yogyakarta: OMBAK. 

Saprillah. (2014) Pengabdian Tanpa Batas: Biografi Anregurutta Haji Abdul Malik Muhammad. Makassar: Zahadaniva Publishing. 

Sewang, A. M. (2005) Islamisasi Kerajaan Gowa: Abad XVI Sampai Abad XVII. Jakarta.: Yayasan Obor. Tim Penyusun. (no date) 

Citra Pare-Pare Dalam Arsip. Makassar. 2014: : Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. 2014. 

Wardiah, H. (2017) ‘Peran Orang Arab Dalam Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Maros’, Pusaka, 8. 

Wardiah, H. (2019) ‘Genelogi Intelektual Ulama Awal Abad XX di Kabupaten Bulukumba dan Bantaeng Sulawesi Selatan’, SMaRT, 5. 

Yani, A. (2014) ‘Pertemuan Sawerigading dengan Nabi Muhammad’, Shautul Adab. 

Yunus, A. R. (2015) “Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya dan Kearifan Lokal (Konteks Budaya Bugis)”. Rihlah.